Friday 30 November 2012

CMOV Dukung Latma Indopura


Lombok - Communication Monitoring and Observation Vehicle (CMOV) milik Kohanudnas yang turut memamtau pergerakan pesawat TNI AU dan Royal of Singapore Air Force (RSAF) dalam Latihan Bersama (Latma) Elang Indopura dan Camar Indopura yang dilaksanakan di wilayah Lombok saat berada di Bandara Internasional Lombok (BIL). Kamis (29.11).

Communication Monitoring and Observation Vehicle (CMOV) milik Kohanudnas. Foto Dispenau

Communication Monitoring and Observation Vehicle (CMOV) adalah alat yang berfungsi untuk pengendalian dan monitor pergerakan pesawat-pesawat TNI AU dan Royal of Singapore Air Force (RSAF) dalam Latihan Bersama (Latma) Elang Indopura dan Camar Indopura yang dilaksanakan di wilayah Lombok sejak tanggal 19-30 November.

CMOV dalam Latma Indopura maupun Camar Indopura berfungsi memantau dan menggedalikan pesawat-pesawat agar tidak keluar dari area latihan yang telah disepakati oleh kedua angkatan udara, sehingga tidak mengganggu penerbangan sipil/komersial yang berada disekitar Bali, Lombok dan Sumbawa.

CMOV diawaki oleh empat personel teknisi dari Kohanudnas yang terdiri seorang perwira yang menjadi Dantim, teknisi radio, teknisi SBM (Stasion Bumi Menengah), dan teknisi computer. CMOV juga dapat memantau pergerakan pesawat-pesawat yang berada di wilayah udara NKRI dengan sistem radar yang terintegrasi antar radar militer dan radar sipil.



Sumber : Dispenau

No comments: