Thursday 20 December 2012

Elang Khatulistiwa Melaksanakan Latihan Air Refeuling


Kalimantan - Selama tiga hari kedepan Skadron Udara 1 Lanud Supadio melaksanakan Latihan Air Refeuling (Pengisian Bahan Bakar di Udara). Latihan ini didukung oleh satu pesawat Hercules A-1310 dengan pilot Mayor Pnb Reza dan 13 crew dari Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Selasa (18/12).

Pesawat Tempur TNI Melakukan Latihan Air Refueling
 
Komandan Lanud Supadio Kolonel Pnb Ir. Novyan Samyoga mengatakan Latihan Air Refueling merupakan latihan yang sangat penting sekali untuk meningkatkan profesional dan skill bagi seorang penerbang pesawat tempur. Karena latihan ini diperlukan bila seorang penerbang sedang melaksanakan operasi pertempuran di udara atau akan menyerang ke sasaran musuh yang letaknya cukup jauh dari home base. Dan apabila pesawat tempur tersebut memerlukan pengisian fuel (bahan bakar) maka tidak perlu kembali ke home basenya namun dapat mengisi bahan bakar di udara.

Sedangkan Danskadron Udara 1 Letkol Pnb Radar Suharsono menambahkan dengan mengisi bahan bakar di udara juga dapat menghemat waktu sehingga penyerangan ke daerah musuh dapat dilakukan dengan cepat dan tepat. Namun demikian untuk melaksanakan latihan air refueling ini tidaklah mudah karena dibutuhkan ketepatan, ketelitian, kecakapan seorang penerbang dan tentunya mempunyai jam terbang yang memadai.



Sumber : Pentak Supadio

No comments: