Tuesday 13 November 2012

Batalyon Spanyol UNIFIL Serahkan Pos Keamanan di Lebanon ke Indobatt

Lebanon - BATALYON Kontingen Spanyol UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon) resmi menyerahkan salah satu pos keamanan yang menjadi tanggung jawabnya kepada Satgas Batalyon Mekanis Kontingen Garuda XXIII-F/UNIFIL atau Indonesian Battalion (Indobatt), pelaksanaan serah terima dilaksanakan dengan upacara militer bertempat di UN Posn 9-15 Kafer Killa, Lebanon Selatan, Senin (12/11/2012).

Penyerahan pos keamanan secara simbolis ditandai dengan penandatanganan memorandum serah terima oleh Komandan Satgas Indobatt Letkol Inf Suharto Sudarsono dan Komandan Batalyon Spanyol Letkol (CAV) Miguel Angel Hernanz Moral.

Penempatan pos baru ini merupakan kepercayaan UNIFIL terhadap prajurit TNI karena dedikasinya dalam melaksanakan tugas selama mengemban misi perdamaian di Lebanon.
Kegiatan  upacara serah terima diawali dengan penurunan bendera Spanyol dan diganti dengan dikibarkannya bendera Merah Putih di atas menara pos, usai penurunan dan penaikan bendera dilanjutkan dengan penandatanganan MoU serah terima oleh kedua Komandan Batalyon dan diakhiri dengan peninjauan area pos.

Komandan Satgas Indobatt Letkol Inf Suharto Sudarsono dan Komandan Batalyon Spanyol Letkol (CAV) Miguel Angel Hernanz Moral. Foto : MajalahpotrerIndonesia.com
 
Dengan telah diserah terimakan pos tersebut kepada Indobatt, secara resmi keamanan area operasi di sekitarnya menjadi tugas dan tanggung jawab Satgas Konga XXIII-F/UNIFIL. Area yang baru ini seluas 40 km² dengan satu buah compound atau markas UN POsn 9-15,  yang dapat menampung satu kompi min (-) sekitar 70 personel.

Dalam pengarahannya usai pelaksanaan serah terima, Komandan Indobatt didampingi Wadansatgas Letkol Mar FJH. Pardosi mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit Indobatt karena atas dedikasinya dalam melaksanakan tugas selama ini, sehingga UNIFIL memberikan kepercayaan untuk menempati pos baru di Lebanon.

Hadir dalam pelaksanaan serah terima pos tersebut para perwira staf Batalyon kedua Negara dan pejabat Sektor Timur UNIFIL, antara lain Kasiops Satgas Kapten Inf Risa WP Setyawan, Kepala Staf Khusus Mayor Chk Hendry Maulana S.H dan para Komandan Kompi jajaran Indobatt.



Sumber : Majalah Potret Indonesia

No comments: