Monday 19 November 2012

TNI Tandatangani Nota Kesepahaman dengan ADF


Jakarta - Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E. dan Panglima Angkatan Bersenjata (Pangab) Australia, General David J. Hurley AC, DSC menandatangani  Nota Kesepahaman antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan Angkatan Bersenjata Australia (ADF) yang diwadahi dalam Australia – Indonesia High |Level Committee (Ausindo HLC) di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta. Senin (19/11/2012)

Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E. dan Panglima (Pangab) Australia, General David J. Hurley AC, DSC

Ausindo HLC sebagai forum tahunan untuk mengevaluasi kegiatan selama satu tahun berjalan dan merencanakan kegiatan tahun berikutnya. Forum ini  memfasilitasi implementasi kerjasama militer antara kedua belah pihak, yang bertujuan untuk memperkuat jalinan persahabatan yang telah ada dan bekerjasama melaksanakan interaksi yang saling menguntungkan kedua Angkatan Bersenjata. Kerjasama tersebut mencakup bidang: intelijen, operasi dan latihan, pendidikan dan program khusus, logistik, serta kerjasama masing-masing angkatan dalam berbagai bidang yang disepakati kedua belah pihak.

Nota kesepahaman ini sebenarnya sebagai tindak lanjut dari beberapa kerjasama yang pernah dan telah dilaksanakan sebelumnya seperti: Lombok Treaty tahun 2006,  Joint Statement between TNI and ADF on Defence Cooperation tahun 2009, dan Australia – Indonesia Defence Cooperation Arrangement tahun 2012. Ausindo HLC dapat membentuk Joint Sub-Working Communittee’s dan Working Groups untuk pengaturan dan kelanjutan kerjasama yang lebih baik. Disamping itu, kedua belah pihak sepakat untuk membentuk Sekretariat Bersama untuk mengorganisasikan kegiatan-kegiatan di bawah Ausindo HLC yang meliputi Sidang HLC, Sekretaris HLC.

Dalam kesempatan yang sama Panglima TNI juga menganugerahkan tanda kehormatan Bintang Jalasena Utama kepada Vice Admiral Raymond James Griggs AM., CSC., RAN, Chief of Royal Australian Navy (Kepala Staf Angkatan Laut Australia). Sebagai penghargaan atas jasa-jasanya dalam rangka lebih meningkatkan hubungan kerjasama yang baik antara pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Australia pada umumnya, khususnya untuk kemajuan dan pembangunan Angkatan Laut kedua negara.

Sebelum mengakhiri sambutannya Panglima TNI menyarankan, forum Ausindo HLC pertama dapat dimulai tahun depan dan Indonesia siap menjadi tuan rumah penyelenggara di tahun 2013.



Sumber : Majalah Potret Indonesia

No comments: